Jasa Fabrikasi Besi

JENIS FABRIKASI, ALAT-ALAT FABRIKASI, DAN PROSES PENGERJAAN FABRIKASI

Jasa Fabrikasi Besi : adalah rangkaian suatu pekerjaan dari beberapa material, baik yang berupa Besi, Baja, Pipa, dll. Perangkaiannya dibuat setahap demi tahap hingga terbentuk suatu konstruksi bahan bangunan atau alat produksi. Dengan demikian, pada jasa fabrikasi besi berarti bahan material pembentuknya adalah besi. Keberhasilan fabrikasi ini tergantung dari beberapa faktor yaitu; bahan dari material besi tersebut, teknisi yang kompeten di dalamnya, alat serta fasilitas yang sesuai standar, dan prosedur kerja yang baik dan sesuai.

Jika anda mencari mitra kerja, kontraktor atau jasa konstruksi bidang fabrikasi besi yang berpengalaman dan terpercaya, untuk pembangunan gedung, gudang atau kebutuhan bahan konstruksi lainnya, kami ( Puji Sarana Jaya Group ) adalah Solusi terbaik untuk bangunan anda.

MENGAPA KAMI ?

Karna kami adalah mitra kerja berpengalaman, terampil dan terpercaya, sejak 1999, sampai dengan saat ini tetap menjaga konsistensi, kualitas hasil pekerjaan yang baik dalam hal membantu pertumbuhan dan perkembangan infrastruktur dalam daerah, jabodetabek khususnya.

DAPATKAN HARGA TERBAIK !

Jika anda ingin menggunakan Jasa kami untuk pembangunan bangunan anda, Segera Hubungi Marketing kami atau anda bisa langsung datang melihat kantor dan workshop kami untuk berkonsultasi langsung oleh marketing dan tim kami.

Siapkan Data Pendukung / Gambar Skema atau rencana Bentuk keinginan dan kebutuhan untuk memudahkan kami memproses dan menganalisa Proyek Bangunan yang anda inginkan.

Jenis fabrikasi

Pekerjaan yang berhubungan dengan fabrikasi ini ada dua macam/jenis yaitu; Workshop fabrication dan site fabrications. Penjelasannya terkait hal tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Workshop fabrications :

Yang dimaksud dengan workshop fabrications adalah proses fabrikasi juga konstruksi dimana hal ini biasanya di lakukan di dalam bangunan/gedung. Di dalamnya juga dipersiapkan beragam alat serta mesin, misalnya mesin potong, mesin las, crane, dll.

  1. Site fabrications :

Selanjutnya site fabrications adalah proses fabrikasi/konstruksi yang dilakukan di luar bangunan, tepatnya di area terbuka dan lapang. Dimana bangunan akan didirikan di situlah dilakukan fabrikasi. Semua proses fabrikasi dilakukan di sana seperti memotong, mengebor material, penimbunan stok, proses pengelasan, proses painting, proses sandblast, proses assembling, dan juga proses pemasangan dari sebuah konstruksi.

Melakukan sebuah konstruksi tentunya dilakukan oleh orang-orang yang sudah ahli. Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan jasa fabrikasi besi di daerah anda masing-masing. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Depok, dll sudah banyak sekali jasa tersebut. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Mesin-mesin untuk kebutuhan fabrikasi

Untuk menunjang kelancaran fabrikasi/konstruksi, dibutuhkan beberapa mesin yang harus di pasang. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mesin bending
  • Mesin las
  • Mesin sharing
  • Mesin roll
  • Mesin untuk pengecatan
  • Mesin shotblast, dll.

Selain beberapa mesin tersebut, peralatan lainnya yang juga terpasnag yaitu; overhead crane. gas CO2, instlasi pipa, material carriage, air compressor, instalasi telepon, instlasi listrik, instalasi mesin-mesin, acetyline, instalasi network lokal, dll.

Bagaimana rangkaian proses fabrikasi?

Melakukan proses fabrikasi ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Hal ini seperti yang disebutkan berikut.

  1. Proses marking :

    Proses ini meliputi pengukuran, serta pembentukan sketsa secara langsung di material. Hal ini dilakukan berdasarkan shop drawing.

  1. Proses cutting

    Setelah melakukan pengukuran dan pembentukan sketsa, selanjutnya yaitu proses pemotongan. Proses ini dilakukan dengan alat cutting torch/ mesin potong yang sudah disediakan.

  2. Proses drilling

    Proses ini adalah serangkaian proses pengeboran, dan juga pembuatan lubang pada baut disesuaikan dengan ukuran yang dibutuhkan.

  3. Proses penyetelan

    Proses ini juga dikenal dengan proses assembling. Pada proses ini dilakukan perakitan material sehingga terbentuk menjadi benda yang sudah jadi dari yang sebelumnya adalah benda yang belum dirakit.

  4. Proses pengelasan

    Proses pengelasan disebut juga dengan proses welding. Jadi, semua item yang anda dilakukan pengelasan disesuaikan dengan prosedur yang sudah ada. Dalam melakukan proses pengelasan ini, usahakan semuanya aman, tidak ada benda-benda berbahaya yang berpotensi ledakan atau menimbulkan aliran listrik yang salah.

  5. Proses finishing

    Setelah dilakukan pengelasan, selanjutnya yaitu finishing yang meliputi pembersihan serta penggerindaan pada semua permukaan material yang sudah dibuat.

  6. Proses penyemprotan pasir

    Proses ini dikenal juga dengan proses blasting atau penyemprotan pasir dengan tekanan udara. Penyemprotan ini dilakukan pada semua material di bagian permukaannya saja. Tujuannya adalah untuk menghilangkan krak, kotoran, lapisan logam, dll.

  7. Proses pengecatan

    Tahapan terakhir dari proses fabrikasi adalah painting/pengecatan material. Hal ini juga harus dilakukan sesuai dengan prosedur agar hasilnya maksimal.

Itulah beberapa hal terkait jasa fabrikasi besi, baik jenis alat-alat yang biasanya tersedia, maupun proses pengerjaannya. Jika proses tersebut dilakukan oleh orang-orang yang berpengalaman seperti jasa fabrikasi besi Jakarta, Depok, Tangerang, Bogor, maka hasilnya akan maksimal.